Main Menu

Skandal Uskup Ruteng

Terlibat Skandal Uang dan Wanita, Uskup Ruteng Undurkan Diri

Uskup Ruteng

Uskup Ruteng, Mgr Hubertus Leteng Pr secara resmi mengundurkan diri pada hari ini, Rabu, 11 Oktober 2017.

Keputusan ini disampaikan dalam surat resmi dari Sekertariat Keuskupan. Keputusan ini, menurut surat tersebut, diumumkan setelah Paus Fransiskus menerima surat pengunduran diri Uskup Leteng.

Dalam surat itu, juga dijelaskan bahwa kini Keuskupan Ruteng akan dipimpin oleh Administrator Apostolik, Mgr Silvester San, yang juga Uskup Denpasar.

Rm Manfred Habur, Sekertaris Keuskupan memastikan kebenaran isi pengumuman itu.

“(Ini) sah dari Sekertariat Keuskupan Ruteng,” katanya Rabu sore.

Uskup Leteng memang terlibat skandal, terkait penggelapan uang lebih dari Rp 1 miliar dan dugaan rahasia dengan seorang perempuan.

Kasus ini membuat puluhan imam pada Juni lalu mengundurkan diri dari sejumlah jabatan strategis. Vatikan pun bereaksi dengan mengutus Visitator Apostolik pada Agustus lalu, yaitu Uskup Bandung, Mgr Antonius Bunjamin Subianto.

Sementara itu dari pihak Vatikan, masih dalam siaran pers pihak Keuskupan Ruteng yang diterima Florespost.co, Vatikan telah menerima pengunduran diri itu.

Vatikan juga telah mengangkat seorang Administrator yaitu Uskup Denpasar Mgr Silvester San.

“Bapa Suci, Paus Fransiskus sudah menerima pengunduran diri dari jabatan sebagai pimpinan pastoral di Keuskupan Ruteng yang diajukan oleh Bapa Uskup, Mgr Hubertus Leteng,” demikian siaran pers tertanggal 11 Oktober 2017.

Skandal Keuangan Uskup Ruteng

Sebelumnya diketahui serangkaian gerakan terjadi di masyarakat Katholik Indonesia yang mendesak agar Uskup Leteng untuk mundur sejak pertengahan tahun 2017.

Berbagai elemen Katholik khususnya di lingkungan di Keuskupan Ruteng menuntut uskup Ruteng yang diduga menyalahgunakan lebih dari 1,6 miliar rupiah (atau sekitar $ 100.000) dana gereja.

Dalam sebuah pernyataan 1 Juli yang ditandatangani oleh 30 orang, mereka mengatakan pengunduran diri adalah tindakan terbaik bagi Uskup Hubertus Leteng karena dia telah gagal menjalankan tugasnya.

Baca Lagi!   Miris, Orang Tua Korban Video Pornografi Anak Ikut Terlibat

“Uskup adalah gembala, wakil Kristus, pemimpin spiritual, model untuk menjalani nilai Injil. Karena sikap dan tingkah lakunya melanggar sifat dan identitas seorang uskup, kami mendesaknya untuk mengundurkan diri dari jabatannya,” kata mereka seperti dikutip dari Indonesia.Ucanews (4/7/2017).

Menurut mereka, jika Uskup Leteng menolak untuk mengundurkan diri, Tahta Suci harus memecatnya. Mereka mengklaim tuntutan mereka didasarkan pada pertimbangan bahwa isu ini sudah “sangat mengganggu” Gereja Katolik.

Uskup Ruteng
Paus Fransiskus Telah Menerima Pengunduran Diri Uskup Ruteng (Foto:Netralnews)

Uskup Leteng menghadapi perlawanan terbuka di keuskupannya setelah 69 imam mengundurkan diri dari berbagai jabatan mereka seperti vikar episkopal dan pastor paroki pada 12 Juni dan menuntut agar dia benar-benar mengubah cara memimpin keuskupan tersebut.

Para imam menuduh Uskup Leteng diam-diam meminjam 1,25 milliar (sekitar $ 94.000) dari common fund di Konferensi Waligereja Indonesia di Jakarta dan 400 juta rupiah (sekitar $ 30.000) dari kas keuskupan tahun lalu tanpa memberikan laporan pertanggungjawaban.

Dalam sebuah pertemuan, dia mengatakan kepada imam bahwa uang itu digunakan untuk membiayai pendidikan seorang pemuda dari keluarga miskin yang sedang belajar menjadi pilot di Amerika Serikat.

Ketika para imam meminta rincian, uskup tersebut mengatakan kepada mereka bahwa itu bukan urusan mereka, kata seorang sumber.

Uskup Ruteng Diduga Selingkuh

Para imam menduga uang itu dikirim ke seorang wanita yang mereka percaya memiliki ‘affair’ dengan uskup. Perselingkuhan tersebut muncul pada tahun 2014 setelah seorang imam yang memilih untuk meninggalkan imamat mengungkapkan dugaan tersebut kepada publik.

Para imam juga membawa masalah ini ke Vatikan, setelah perwakilan mereka pada tanggal 16 Juni bertemu dengan Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi, nuncio di Jakarta.

Uskup Ruteng, saat itu tidak menanggapi permintaan ucanews.com untuk memberikan komentar.

Baca Lagi!   Keakraban, Saling Menghargai dan Mengasihi, Tak Boleh Kalah Dengan Burung Merpati

Umat Katolik awam mengatakan bahwa tuntutan mereka agar uskup mengundurkan diri lahir dari kecintaan kepada Gereja Katolik.

“Kami tidak ingin masalah ini terus berlanjut dan menimbulkan masalah yang lebih besar yang dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan pada Gereja Katolik oleh orang-orang di keuskupan dan keuskupan lainnya di seluruh dunia,” kata mereka.

Niko Martin, seorang awam mengatakan umat memiliki tanggung jawab untuk mendorong pembaharuan di gereja.

“Jika kita diam saja, kita menjadi seperti orang yang membiarkan kejahatan berkembang,” katanya menuntut pengunduran Uskup Ruteng.

[widgets_on_pages id=”1″]

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



One Comment to Terlibat Skandal Uang dan Wanita, Uskup Ruteng Undurkan Diri

  1. 锘?

    vmate surely software package that allows you to obtain <a href=[Link deleted]the latest viral video also songs coming from Youtube, Metacafe, Vimeo, Soundcloud along with taken from remaining well-accepted hiburan internet site. this approach instance enable you to download and install a variety of shows actually songs of numerous ability. without, it can be down load nearly any superior in dvd or song that you wish to. one may grab full harley-davidson (harley-davidson) short clips appropriate here because well. All ordinary and working grab services are supplied right here and likewise you don鈥檛 worry about that within. It lets you view the online videos to songs personally whilst not having them to be <a href=[Link deleted]downloadable. install – vmate iphone app.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*