Main Menu

Promosi Wisata Nusantara

Toraja Utara Masuk Dalam 7 Destinasi Promosi Wisata Nusantara

Toraja Utara

Kabupaten Toraja Utara masuk sebagai salah satu destinasi dari tujuh daerah di Indonesia yang menjadi destinasi pada Promosi Pariwisata Nusanta pada Oktober 2018.

Dalam rangka persiapan Promosi Pariwisata Nusantara yang akan dimeriahkan peserta dari IMF dan Bank Dunia itu, Kementerian Pariwisata bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, pada Senin melakukan pengecekan langsung objek wisata di Toraja (Toraja Utara dan Tana Toraja).

Destinasi Wisata Toraja Utara

Perwakilan dari Kementrian Pariwisata dari Bidang Pengembangan Pariwisata Diana Tikupasang mengatakan bahwa Promosi Pariwisata Nusantara menawarkan tujuh destinasi, salah satunya di Kabupaten Toraja.

“Pada Promosi Pariwisata Nusantara yang akan diikuti sekitar 15 ribu peserta dari IMF dan Bank Dunia pada Oktober mendatang, kami menawarkan tujuh daerah destinasi wisata dengan total 60 paket. Khusus untuk Toraja, kami menawarkan empat paket, yaitu dua paket udara dan dua paket darat kepada peserta,” tuturnya.

“Sebagai salah satu putri kelahiran asli Toraja, saya sangat bersyukur bahwa Toraja masuk di dalam tujuh destinasi pariwisata nasional. Ini merupakan kesempatan besar dalam mempromosikan keindahan alam dan budaya yang unik. Harapan saya, semoga melalui pariwisata, masyarakat Toraja semakin sejahtera. Untuk itu, saya menhimbau seluruh masyarakat Toraja agar keindahan alam dan budaya dapat kita jaga bersama,” terang Diana Tikupasang.

Sebelumnya seperti diberitakan Tribunnews, pada akhir tahun lalu hingga liburan awal tahun sejumlah daerah wisata di Toraja Utara secara signifikan mengalami peningkatan.

Ada lima objek wisata di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara padat pengunjung di awal tahun 2018.

Objek Wisata Kete Kesu Kabupaten Toraja Utara masih menjadi paling banyak pengunjung pekan ini.

Pengunjung Objek Wisata Kete Kesu datang dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel), Jakarta dan Papua.

Baca Lagi!   Polemik Tunjangan Hari Raya PNS Dari Dana APBD

Berikut 5 objek wisata Toraja dipadati pengunjung di awal tahun 2018 yaitu:

1. Kete’ Kesu, Desa Bonoran, Kecamatan Kesu, Toraja Utara

2. Patung Yesus Buntu Burake, Kecamatan Makale, Tana Toraja

3. Lolai Negeri Di Atas Awan, Lembang Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara

4. Pongtorra Puncak Tertinggi Lolai, Lembang Pongtorra, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara

5. Agro Wisata Pango-Pango, Tana Toraja.

Pariwisata Nusantara Toraja Utara

Sementara Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Maritim Kemenko Maritim Kosmas Harefa mengatakan, kunjungan kerja tersebut bertujuan mengecek persiapan kegiatan tersebut.

Toraja Utara
Anggota keluarga duka melakukan tari ma’badong saat prosesi ma’pasonglo di Alang-alang, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (26/12). Ma’pasonglo atau prosesi arak-arakan jenazah keliling kampung tersebut merupakan salah satu rangkaian upacara kematian Rambu Solo. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww/17.

Kunjungan kerja itu lanjut dia, bertujuan mengecek secara langsung lokasi objek wisata di daerah itu sehingga pada pelaksanaan Promosi Pariwisata Nusantara pada Oktober 2018 dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan pariwisata daerah itu.

“Persiapan matang ini perlu dilakukan agar para peserta yang akan hadir dari kelas menengah ke atas, yang mampu meningkatkan pariwisata ke depannya. Besar harapan saya ke depanya, melalui kegiatan ini dapat memberikan kenangan bagi para peserta yang berasal dari IMF dan Bank Dunia, sehingga melalui peserta itu dapat menjadi media promosi kepada keluarga dan kerabat mereka,” terangnya.

“Saya juga berharapa agar masyarakat Toraja dapat menjadi tuan rumah yang baik serta lebih aktif lagi di dalam menjaga kelestarian pariwisata seperti menjaga kebersihan lingkungan, tertib berlalu lintas dan menciptakan rasa nyaman kepada para wisatawan,” harap Kosmas Harefa.

Kunjungan kerja Kementerian Pariwisata dan Kemenko Maritim itu didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara Harli Patriatno ©ANTARANEWS.

[widgets_on_pages id=”1″]

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*