Main Menu

Aksi Koboi Jalan Tol

Nasib Teza Irawan ‘Koboi’ Tol Penodong Senjata Ke Pengendara Lain

Teza Irawan

Polisi menangkap seorang pria bernama Teza Irawan alias Eza karena kedapatan membawa sepucuk senjata Air Gun jenis Revolver merk S&W 14K15674 beserta amunisinya.

Penangkapan ini dilakukan setelah pria asal Bekasi itu mengacungkan senjatanya di tol dalam kota.

“Ia ingin didahulukan dan memotong antrean keluar tol,” kata juru bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono melalui keterangan tertulis, Jumat, 30 Maret 2018.

Menurut Argo, peristiwa itu terjadi kemarin petang di di tol dalam kota arah Cawang.

“Tepatnya di depan Rumah Sakit Darmais, Jakarta Barat,” ujarnya. Teza yang mengendarai Toyota Fortuner B 1090 FCY hitam melaju secara ugal-ugalan.

Ia menyalakan lampu strobo untuk meminta pengendara lain memberikan jalan. Tidak berapa lama ia berhenti dan mengacungkan senjata lewat jendela mobil.

Brigadir Kepala Jumuanto yang sedang bertugas di tempat itu melihat kelakuan Teza.

Ia mengikuti Teza sambil menghubungi rekan-rekannya untuk memberitahukan perbuatan pengemudi Fortuner itu.

Di gerbang tol Kuningan 2, polisi memberhentikan Teza. Mobil Fortunernya digeledah. Dalam kendaraan itu ditemukan sepucuk senjata air gun jenis revolver merk S&W 14K15674, dua butir amunisi tajam kaliber 3.8 mm, dan enam butir amunisi air soft gun.

Polisi akhirnya menggiring Teja ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya untuk diperiksa. Mobil Toyota Fortuner ikut disita sebagai barang bukti ©Tempo.

Senjata Teza Irawan dan Kartu Perbakin

“Yang terpenting senjatanya (airsoft gun) sudah kita sita,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan pihaknya saat ini masih memeriksa pengemudi bernama Teza Irawan itu. Polisi juga memeriksa surat izin kepemilikan airsoft gun.

Selain airsoft gun, polisi menyita dua butir peluru tajam dan enam butir peluru airsoft gun, mobil Toyota Fortuner dan selembar tanda bukti penyitaan laka lantas.

Bersamanya juga ditemukan kartu Perbakin.

Kartu keanggotaan klub airsoft gun dengan logo Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) ditemukan dari Teza Irawan alias Eza (23).

Namun, kata Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Disiplin Perbakin Bambang Soesatyo kepada wartawan, Jumat (30/3/2018), Kartu itu dipastikan bukan kartu keanggotaan Perbakin.

Teza Irawan
Senjata dan Kartu Perbakin yang ditemukan bersama Teza Irawan (Foto: Detiknews)

“Saya pastikan yang bersangkutan bukan anggota Perbakin. Dan Itu bukan kartu anggota Perbakin. Itu kartu club airsoft gun dan saya masih cek apakah club itu terdaftar atau tidak. Logo Perbakin hanya tempelan atau ditempelkan,” katanya.

Bambang akan mencari keberadaan klub airsoft gun yang kartunya dikantongi Eza.

Jika klub itu terdaftar, Perbakin akan memanggil pengurusnya dan meminta Eza disanksi keras.

“Karena menurut aturan senjata api ataupun airsoft gun, yang diperuntukannya hanya untuk olahraga menembak, tidak boleh dibawa keluar lapangan dan harus dititip di locker club menembak,” ujar Bamsoet.

Kartu anggota airsoft gun yang dikantongi Eza ternyata juga atas nama orang lain. Namun belum ada keterangan mengapa kartu itu bisa ada pada Eza.

Teza Irawan Baru Lulus dan Bukan Keluarga Polri

Eza si ‘koboi’ penodong airsoft gun ke pengendara di Tol Dalam Kota Jakarta berasal Bekasi dan diketahui baru lulus kuliah.

“Dia tidak bekerja, baru lulus kuliah di sebuah universitas swasta,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Logo Tribrata yang ada di mobil Teza itu tidak ada kaitannya dengan institusi Polri. Teza juga bukan anggota keluarga Polri.

“Bukan, nggak ada keluarga polisi, kok,” imbuh Argo.

Selain menodongkan airsoft gun, Teza menyalakan strobo di mobilnya untuk menghalau kendaraan lain di depannya. Teza meminta prioritas di bahu jalan dengan strobo itu.

Namun kendaraan yang di depannya tidak memberinya jalan hingga akhirnya Teza mengacungkan airsoft gun ke pengendara tersebut.

Aksi ini diketahui petugas Polantas yang menjaga GT Cikarang 2, yang kemudian mengamankan Teza Irawan ©Detiknews.

[widgets_on_pages id=”1″]

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*