Main Menu

Teroris Mako Brimob

Mako Brimob Terkendali, Para Teroris Dipindahkan Ke Nusakambangan

Kerusuhan yang berujung penyanderaan polisi oleh tahanan kasus terorisme di Mako Brimob telah berakhir, Kamis (10/5).

Wakapolri Komjen Syarifudin mengatakan operasi penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan tahanan rutan Mako Brimob berjalan selama 36 Jam sejak Selasa (8/5) malam.

Sebanyak 155 tahanan disebut terlibat dalam penyanderaan.

“Alhamdulillah kita dapat menanggulangi ini. Operasi ini sudah berakhir pukul 07.15 WIB,” kata Syarifudin di Mako Brimob.

Suara dentuman keras sempat terdengar empat kali di sekitar Rutan Mako Brimob, Kamis pagi.

Anggota Brimob yang berjaga di sekitar rutan juga merapat ke pagar Gereja Gideon yang lokasinya berada di sebelah Mako Brimob.

Syafruddin menyatakan ledakan yang terjadi di Mako Brimob merupakan bentuk sterilisasi pascakerusuhan dan penyanderaan.

“Itu untuk sterlisasi. Kita sedang proses penanggulangan,” kata Syafruddin di Mako Brimob, Kamis (10/5).

Sandera Teroris Mako Brimob

Syafruddin mengatakan para napi teroris telah menyerahkan diri. Polisi yang disandera pun telah dibebaskan.

Berdasarkan informasi dari dalam Markas Badan Pemeliharaan Mabes Polri di sekitar lokasi, terdapat satu kali rentetan tembakan pada pagi hari ini.

Lebih dari 36 jam polisi mengedepankan pendekatan agar tidak ada jatuh korban. Polri kemudian menempuh upaya penanggulangan.

“Tidak ada lagi istilah negosiasi,” kata Syafruddin.

Sementara itu Anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Brigadir Kepala Iwan Sarjana masih menjalani perawatan di rumah sakit atas luka-luka yang dideritanya.

Iwan adalah anggota Densus 88 yang disandera lebih dari 24 jam oleh tahanan kasus terorisme.

“Saat ini masih dilakukan perawatan, kami belum ada waktu menengok. Mudah-mudahan yang bersangkutan sehat dan ini menjadi penting,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol M. Iqbal, Kamis (10/5).

Iwan disandera oleh tahanan kasus terorisme sejak Selasa (8/5) malam dan baru dibebaskan sekitar pukul 24.00 WIB Rabu (9/5) malam.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto sebelumnya mengatakan Iwan mengalami lebam di sekujur tubuh saat dibebaskan.

Iwan dibebaskan setelah para tahanan meminta makanan. Iwan pun dibebaskan dan para tahanan mendapat pasokan makanan.

“Kondisinya luka-luka. Luka lebam-lebam di muka dan beberapa bagian tubuhnya,” kata Setyo saat jumpa pers di Markas Badan Pemeliharaan Polri, Depok, Kamis dini hari.

Polisi telah merencanakan penyerbuan sebelum fajar merekah. Upaya itu urung terlaksana setelah para tahanan menyerah tanpa syarat.

Drama 36 jam kerusuhan yang berujung penyanderaan diakhiri dengan ledakan sejumlah bom untuk sterilisasi di Mako Brimob.

Ahok Saat Mako Brimob Dikuasai Teroris

Polisi menegaskan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaha Purnama alias Ahok berada dalam kondisi aman meski Mako Brimob sempat dikuasai narapidana terorisme selama 36 jam.

Mako Brimob
Kawat berduri dicopot usai polisi berhasil mengambilalih Mako Brimob yang sempat dikuasai tahanan teroris. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

“Yang jelas tidak ada yang terganggu, semua aman, semua terkait itu aman,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal, merespons pertanyaan wartawan soal kondisi Ahok.

Pada Kamis pagi, insiden rusuh telah berakhir setelah polisi mengultimatum akan menyerang para narapidana terorisme.

Total 155 napi terlibat dalam insiden penyanderaan tersebut dengan menguasai tiga dari enam blok yang ada di Mako Brimob, yaitu Blok A, B, dan C.

Sementara tiga blok lain berada di zona yang tak bisa diakses para tahanan dan juga anggota Polri karena rawan memicu konflik.

Tidak diketahui blok tempat Ahok ditahan di Mako Brimob.

Seluruh tahanan terorisme itu pada Kamis siang ini tengah dalam perjalanan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Polisi menyatakan saat ini masih melakukan olah TKP serta otopsi dan baru akan memberikan kronologi lengkap pada publik setelah kedua proses itu rampung.

Enam orang tewas dalam kericuhan di Mako Brimob, satu orang teroris dan lima di lainnya adalah anggota Densus 88 yang bertugas ©Cnn-indonesia.

[widgets_on_pages id=”1″]

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*