Main Menu

Perayaan Tahun Baru Imlek 2018

Tebarkan Kebahagiaan Di Tahun Baru Imlek Shio Anjing Tanah

Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi masyarakat Tionghoa. Berdasarkan siklus tahunan, tahun baru Imlek 2018 (tahun 2569 Imlek) merupakan tahun Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

Shio Anjing sendiri merupakan zodiak China yang ke-11. Shio China memiliki siklus 12 tahun dan mereka yang lahir di tahun 1958, 1970, 1982, 1994, 2006 dan 2018 memiliki shio Anjing.

Menurut penanggalan kalender lunar (kalender bulan), tahun Anjing Tanah 2569 Imlek ini akan dimulai sejak 16 Februari 2018 hingga 4 Februari 2019.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Kampung China

Sudah menjadi kepercayaan masyarakat etnis Tionghoa bahwa hujan menjelang Tahun Baru Imlek akan membawa keberuntungan dan berkah yang terus mengalir di tahun yang baru.

Salah satu tempat wisata dan belanja dengan pernak-pernik arsitektur bangunan bergaya China yang dikunjungi Kirana Media adalah Kampung China Cibubur.

Kampung China Cibubur,tepatnya berada di Komplek Perumahan Kota Wisata (Kota Sejuta Pesona),yang secara geografis masuk wilayah Kecamatan Gunung Putri,Kabupaten Bogor.

Kampung China merupakan pusat perdagangan produk China, salah satunya produk-produk yang dapat dijadikan untuk kebutuhan Tahun Baru Imlek.

Tak hanya bagi masyarakat Tionghoa, Kampung ini kerap dikunjungi wisatawan lokal, khususnya yang ingin menyaksikan lebih dekat keanekaragaman budaya Indonesia.

Dalam perayaan tahun ini kampung China menyajikan sejumlah acara untuk menyemarakkan Hari Raya Imlek 2569. Mulai dari bazar Imlek, atraksi barongsai dari sanggar-sanggar, hingga kontes motor modifikasi dari berbagai komunitas motor.

Pengelola Kampung China, Kota Wisata menargetkan tercapainya pengunjung yang signifikan dalam perayaan tahun ini. Sebab awal tahun baru ini bertepatan pula dengan libur panjang.

Memasuki Gerbang Kemakmuran, kita bisa menyaksikan kemeriahan menyambut tahun baru China (Tiongkok) dengan shio anjing yang berlangsung sampai hari minggu (18/02/2018)ini.

Pesan Menteri Agama di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek 2018 ini diharapkan bisa memberi kemakmuran dan kedamaian bagi bangsa Indonesia.

Tahun Baru Imlek
Para pengunjung Kampung China, Cibubur, tampak antusias menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2018 (Foto: Kiranamedia)

Demikian harapan warga baik masyarakat Tionghoa dan juga nontionghoa yang tanpa sekat ikut berbagi kebahagiaan di awal tahun penanggalan China ini.

Sebagaimana yang juga menjadi pesan dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Dia berharap perayaan Imlek ini jadi sarana untuk menebarkan kebahagiaan.

“Selamat Imlek 2018 Semoga kita terus mampu saling menebarkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan kedamaian bagi sesama.. #imlek2018,” tulis Lukman di Twitter, Jumat (16/2/2018).

Tweet Lukman ini mendapat sejumlah respons dari netizen. Ada yang bertanya bagaimana cara menebarkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan kedamaian yang dimaksud Lukman.

“Berikanlah angpao kepada mereka yg membutuhkannya,” jawab Lukman.

Selamat Tahun Baru Imlek !

(Visited 7 times, 1 visits today)

Hits: 135

Share Artikel ini!
  • 78
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    78
    Shares