Main Menu

Dirgahayu NKRI 73

Serba-serbi 17 Agustus, Dari Baju Adat Hingga Remisi Untuk Ahok

17 Agustus

Tamu dan peserta hadir dengan semangat Nusantara ke Kompleks Istana Kepresidenan dalam acara peringatan HUT ke-73 17 Agustus 2018. Para tamu tersebut mengenakan pakaian tradisional.

Ada macam-macam pakaian adat yang mereka kenakan mulai dari adat Jawa, Batak, hingga Bugis.

Termasuk Menhan Ryamizard Ryacudu yang mengenakan pakaian adat khas Lampung. Dia memasuki Istana bersama sang istri.

Saat Upacara pengibaran bendera belum dimulai. Rencananya, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara (irup).

Baju Adat di Upacara 17 Agustus Kemenkumham

Begitu juga di lokasi berbeda Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengikuti upacara dalam rangka hari kemerdekaan RI ke-73 di Kementerian Hukum dan HAM. Yasonna menjadi inspektur upacara dalam kegiatan ini.

Upacara dilakukan di lapangan upacara Kementerian Hukum dan HAM, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel. Pantauan di lokasi, Jumat (17/8/2018), Yasonna tampak memakai baju adat Batak Toba Ulos. Yasonna juga terlihat membawa tongkat sebagai aksesoris baju adat.

Tak hanya Yasonna, jajaran Kemenkum HAM yang menjadi peserta upacara juga mengenakan pakaian adat. Semarak baju adat nusantara terlihat di upacara ini.

Berbaju Batak, Yasonna Pimpin Upacara HUT ke-73 RI di Kemenkum HAMMenkum HAM Yasonna Laoly pimpin upacara, mengenakan busana adat Batak Toba. (Indra Komara/detikcom)

Upacara dimulai pukul 07.45 WIB. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih. Yasonna juga mendengarkan pembacaan teks pembukaan UUD 1945.

Setelah itu, Yasonna juga memberikan piagam kepada jajaran Kemenkum HAM serta remisi kepada perwakilan lapas dan empat narapidana.

Ahok Dapat Remisi 17 Agustus

Masih dari Kemenkumham, seorang Narapidana populer juga mendapat berkah dari 17 Agustus.

17 Agustus
Menkum HAM Yasonna Laoly pimpin upacara, mengenakan busana adat Batak Toba. (Indra Komara/detikcom)

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman pada 17 Agustus. Ahok mendapat remisi selama dua bulan.

Baca Lagi!   BPS : Penduduk Miskin Indonesia Berkurang Dalam Enam Bulan

“Iya (dapat remisi),” kata Kabag Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto lewat pesan singkat, Jumat (17/8/2018).

Ade menambahkan Ahok mendapatkan remisi tersebut karena dinilai berkelakuan baik. Pemberian remisi selama dua bulan itu berdasarkan Keppres nomor 174/1999 tentang remisi.

“Berkelakuan baik dan telah menjalani pidana lebih dari 6 bulan,” terangnya.

Sebelumnya, Menkum HAM Yasonna Laoly juga menyampaikan Ahok mendapatkan remisi. Diperkirakan Ahok bisa bebas dari penjara pada Desember nanti.

“Dia akan dapat (remisi) 17 Agustus. Perhitungan, Desember dia sudah ini (bebas), nanti saya cek. Nanti kita hitung lagi kapan dia bisa keluar,” kata Laoly setelah mengikuti pawai obor Asian Games 2018 di Polres Jakarta Utara, Jl Yos Sudarso, Koja, Kamis (16/8).

Terpisah, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Arpan, mengatakan Ahok memang diusulkan mendapatkan remisi 17 Agustus ©detiknews.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*