Main Menu

Profil Desa, Implementasi Komitmen Pemerintah Efisiensi Dana Desa

profil desa

Presiden menginstruksikan penggunaan dana desa harus berjalan optimal, produktif, lewat perencanaan desa yang melibatkan warga dan tertuang di profil desa.

Ini berkorelasi dengan tujuan dana desa untuk mengukur sejauh mana penggunaannya dalam rangka pencapaian desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Profil Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara mewajibkan 135 desa untuk menyiapkan serta menyajikan data yang akurat untuk membuat profil desa.

“Setiap desa wajib menyiapkan serta menyajikan data atau informasi akurat serta akuntabel yang dituangkan dalam profil desa,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy saat membuka pelatihan penyusunan profil daerah di Tombatu, Selasa.

Dia menuturkan, perkembangan dan kemajuan, serta program kegiatan dari pemerintah desa harus disampaikan kepada masyarakat dalam profil desa.

“Adanya profil desa akan sangat penting, karena dari situ akan diketahui sejauh mana perkembangan desa secara berkelanjutan mulai dari tahap perencanaan, implementasi program dan kebijakan sampai pada capaian. Nantinya itu akan dibandingkan dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Provinsi Sulawesi Utara, Ferry Singal menjelaskan profil desa termasuk salah satu kebijakan pemerintah yang bisa dijadikan acuan dalam mengukur kualitas desa.

“Profil desa ini merupakan ketersediaan data, sehubungan dengan gambaran menyeluruh dari perkembangan dan potensi desa,” katanya.

Selain itu kata Ferry hal tersebut sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015, dan berkorelasi dengan tujuan dana desa untuk mengukur sejauh mana penggunaannya dalam rangka pencapaian desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Robby Ngongoloy juga meminta seluruh perangkat desa agar serius untuk menyusun profil yang sesuai dengan kondisi dan fakta yang ada di lapangan.

Baca Lagi!   Dinonaktifkan, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Merasa Bingung

“Semua Desa harus ada profilnya. Ini harus diperhatikan dan diseriusi aparat desa mengingat Profil Desa merupakan salah satu elemen penting dalam sistem perencanaan pembangunan,” tegasnya.

Komitmen Jokowi Untuk Desa

profil desa
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo (kanan) dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) bersiap mengikuti rapat terbatas tentang optimalisasi dana desa di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/10/2017). (Foto: Antara)

Sebelumnya di kesempatan berbeda, Pemanfaatan dana desa harus berkualitas dilihat dari sisi perencanaan hingga dinikmati semua penduduk desa, kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sonny Harmadi.

“Dana desa harus dimanfaatkan dengan baik dan berkualitas, dimulai dari alokasi yang berkeadilan, musyawarah desa yang baik, perencanaan, penggunaan, dan pelaporan yang baik,” kata kata Sonny dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sonny menjelaskan tentang pemahaman program padat karya tunai di desa sesuai instruksi Presiden Jokowi dan arahan Menko PMK Puan Maharani sebagai bentuk perkuatan implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Setiap desa diminta untuk memanfaatkan sumber daya lokal semaksimal mungkin ©Antaranews.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*