Main Menu

Infrastruktur Transportasi

Awali Tahun, Presiden Resmikan Pengoperasian Kereta Api Bandara

Kereta Api Bandara

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Api Bandara Soekarno Hatta di Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Selasa (2/1/2018).

Mengenakan kaus lengan panjang warna merah dan sepatu olah raga, Jokowi tiba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta pukul 09.00 WIB.

Juga hadir dalam acara ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimujono, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Presiden Jokowi dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja meresmikan kereta ini dengan menekan tombol sirine dan menandatangani prasasti.

Setelah itu Presiden meninjau stasiun dan mencoba kereta bandara ke Stasiun Sudirman Baru.

Sejak Selasa 26 Desember kereta ini sudah dioperasikan oleh PT KAI dengan jadwal keberangkatan pertama pada 03.47 WIB dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dengan tarif promo Rp30.000.

Beberapa waktu lalu Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan harga promo Rp30.000 karena masih dalam tahap uji coba serta agar masyarakat memberi masukan untuk pengoperasian penuh mulai Januari ini.

Mulai 2 Januari 2018 kereta ini bertarif Rp70.000.

“Ini masih dalam prinsip, sebagai pelayanan publik kami harus kompetitif untuk mengurangi kepadatan lalu lintas,” katanya.

Edi mengatakan kereta bandara terdiri dari enam kereta per rangkaian yang bisa menampung 272 penumpang dan 42 perjalanan.

KA Bandara baru akan beroperasi atau menaikturunkan penumpang di tiga stasiun, yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Soekarno-Hatta.

“Seharusnya dari Manggarai karena Manggarai masih ada pengerjaan, jadi kita doakan mudah-mudahan cepat selesai,” kata Edi.

KA Bandara langsung tersambung ke kereta layang (Skytrain) yang akan terhubung ke Terminal 1,2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Lagi!   Salju, Imam dan Medali Dalam Kunjungan Presiden Joko Widodo

“Tiket bisa didapatkan di stasiun, karena kami menyediakan untuk pembelian `go show`, mobile aplikasi atau `vending machine`,” ujar Edi ©Antara.

Jadwal Keberangkatan dan Rute Kereta Api Bandara

Masyarakat Jakarta dan kota penyangganya tak lama lagi akan merasakan cepat, mudah, aman, dan nyamannya mencapai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Lewat penggunaan kereta api (KA) bandara ini.

Selama ini, akses ke Bandara Soetta hanya terjangkau dengan bus, taksi, dan mobil pribadi yang berarti harus melalui ruas jalan dan lalu lintas yang padat, belum lagi di jam-jam sibuk. Akibatnya, waktu perjalanan pun banyak yang tersita hanya untuk menuju dari dan ke bandara.

Kereta api bandara sendiri akan berangkat tiap 30 menit sekali. Jadwal pengoperasian dimulai dari pukul 3 dini hari hingga jam 11 malam. Diperkirakan waktu tempuh ke Bandara nantinya bisa dicapai hanya sekitar 40 hingga 50 menit.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance, Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta akan melalui 5 stasiun yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada tahap awal ini, keberangkatan akan dimulai dari Stasiun Sudirman Baru.

Untuk menunjang aksesibilitas, nantinya Stasiun Sudirman Baru akan terhubung ke Stasiun Sudirman KRL dengan adanya fasilitas pejalan kaki.

Stasiun Sudirman Baru akan berfungsi sebagai area interchange (integrasi moda transportasi publik), yang menghubungkan masyarakat dengan keseluruhan kawasan Dukuh Atas mencakup Stasiun Sudirman (KRL), bus TransJakarta, MRT, dan LRT.

Dengan demikian, masyarakat Jakarta dan sekitarnya akan semakin mudah mengakses transportasi publik menuju bandara.

Kereta Api Bandara
Proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: merdeka.com/muhammad luthfi rahman)

Dengan demikian, para calon penumpang yang berasal dari wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Serpong, dan Bekasi juga dapat dengan mudah mencapai Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan KRL ke Stasiun Sudirman, yang terintegrasi dengan Stasiun Sudirman Baru.

Baca Lagi!   Hadiah Dan Ekspektasi Untuk Sprinter Lalu Muhammad Zohri

Sedangkan bagi calon penumpang yang tidak menggunakan KRL, baik menggunakan bus TransJakarta, bus dalam kota, taksi atau kendaraan pribadi, dapat berpindah di Stasiun Sudirman Baru, untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan KA menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Tak hanya itu, pengguna jasa Kereta Api Bandara juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan.

Fasilitas tersebut antara lain ticketing counter, tapping gate, eskalator, commercial area, toilet, dan musala. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan public hall, waiting lounge, konektivitas ke integrated building dan APMS/skytrain.

Perpres Tentang Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta

Kereta api bandara dirakit PT INKA, dengan mesin produksi Bombardier Swedia. Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya sendiri seperti di dalam pesawat, kemiringan kursi dan sandaran tangan dapat diatur oleh penumpang, jarak antarbangku juga cukup lebar sekitar 50 cm.

Kereta api bandara ini juga dilengkapi pendingin udara, pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita.

Di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta 4 layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Sebagai informasi, pembangunan jalur KA menuju Bandara Soekarno-Hatta merupakan fokus perhatian Kementerian Perhubungan untuk melayani pengguna transportasi publik agar tercapai efisiensi pergerakan, biaya, dan waktu.

Pembangunan ini juga merupakan realisasi dari penugasan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2011 tentang Penugasan kepada KAI untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi ©detikFinance.

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



One Comment to Awali Tahun, Presiden Resmikan Pengoperasian Kereta Api Bandara

  1. 锘?

    vmate is often an instance that lets you export <a href=[Link deleted]media with songs inside the Youtube, Metacafe, Vimeo, Soundcloud and then outside of some other fantastic several online stores. here software package enables pick up any number of movies or songs of attributes. associated with, you can install much high about dvd or else song you choose that you wish to. it truly is pick up full hi-def (harley-davidson) music videos posting significantly. All recognized and dealing pick up linking are given over here and now you don鈥檛 need to panic about that from the least. It enables you to consider the music possibly songs without delay without having them to be <a href=[Link deleted]installed. downloads – vmate app.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*