Main Menu

Tradisi Sepakbola Indonesia

Oknum Bobotoh Pengeroyok Fans Persija Hingga Tewas Ditangkap

oknum Bobotoh

Polisi menangkap 16 orang oknum Bobotoh atau Pendung Persib yang mengeroyok suporter Persija, Haringga Sirila. Akibat kejadian tersebut Haringga tewas.

“Dari 16 orang yang kita tangkap, 8 orang sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

8 Oknum Bobotoh Tersangka

Penangkapan terhadap para tersangka berawal saat polisi menangkap lebih dahulu sejumlah orang di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Minggu (23/9).

Usai kejadian, tim Satreskrim Polrestabes Bandung yang dipimpin Yoris menangkap lima oknum Bobotoh.

“Setelah kejadian kita melakukan langkah-langkah dan saat itu juga dilakukan penangkapan terhadap lima orang,” katanya.

Pihaknya lantas membentuk tim guna menangkap pelaku lainnya. Tim lalu menangkap 16 orang lain yang diduga terlibat. Dari 16 yang diamankan, delapan di antaranya ditetapkan tersangka.

“Umurnya bervariasi ada dua orang yang berusia 17 tahun sampai 40 tahun,” ucap Yoris.

Polisi tak akan berhenti sampai di delapan tersangka. Pihaknya masih menyelidiki guna menangkap pelaku lainnya.

“Sampai saat ini masih dalam proses penyelidikan di Satreskrim Polrestabes Bandung,” ujar Yoris.

Haringga tewas dikeroyok oknum Bobotoh saat menonton pertandingan Persib melawan Persija Jakarta, Minggu (23/9) kemarin, di Stadion GBLA. Haringga tewas di tempat usai dikeroyok oknum Bobotoh.

Mendapati korban berasal dari Jakarta, sejumlah oknum Bobotoh beringas. Korban sempat berlari ke arah penjual bakso yang berjualan di luar Stadion GBLA.

“Korban sempat lari ke arah tukang bakso minta diselamatkan, tapi ketika itu langsung ditarik dan dilakukan penganiayaan,” kata Yoris.

Kekecewaan Pada Oknum Bobotoh

Dari rekaman video yang ramai beredar di media sosial (medsos), korban dianiaya secara sadis. Korban tewas seketika. Jasad korban lalu dibawa polisi ke rumah sakit Sartika Asih, Bandung untuk dilakukan autopsi.

Baca Lagi!   Dua belas Remaja Thailand dan Pelatih Berhasil Ditemukan Hidup
oknum Bobotoh
Suporter Persija. (Foto: Agung Pambudhy)

Tewasnya Haringga menyedot perhatian publik. Direktur Utama Persija Jakarta Gede Widiade kecewa atas insiden tersebut. Kekecewaannya karena The Jakmania yang ketahuan datang ke stadion tidak dilindungi.

Gede menjelaskan bahwa pada putaran pertama saat Persija menjamu Persib di Stadion PTIK, Jakarta, pihaknya mampu melindungi Bobotoh.

“Ya, dia (suporter yang tewas) adalah keluarga Persija, dia orang Jakarta. Saya sangat kecewa ada kejadian ini. Waktu Persib main di PTIK, satu orang Bobotoh berhasil kami amankan dan kami pulangkan dalam keadaan selamat,” tutur Gede lewat sambungan telepon, Minggu (23/9).

“Kenapa giliran kami, kok, malah begini. Ini sudah jelas panpel (Panitia Penyelenggara) tidak layak mengurus pertandingan,” ujar Gede.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyesalkan insiden sadis itu terjadi. Melalui akun Instagramnya, Emil sapaan Ridwan bahkan meminta pelaku dihukum berat.

“Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah. Saya sudah minta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat, tulis Emil ©detiknews.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*