Main Menu

Liputan Khusus Ramadhan - KiranaMedia.com

Kampung Sawah, Hadirkan Indahnya Keberagaman yang Terindukan pada Perayaan Idul Fitri 1438 H

Umat didepan Masjid Agung Yasfi

Indahnya Keberagaman..

Oleh Baran Batara

Tim KiranaMedia.com, pada hari Minggu 25 JUni 2017, melakukan suatu peliputan Khusus diwialyah Kampung yang terkenal dengan toleransinya.

Hari itu adalah hari kemenangan secara khusus bagi Umat Muslim dimanapun.  Segenap pelosok bumi memberi sambutan meriah akan kedatangan Idul Fitri 1438H. Setelah berpuasa menahan segala godaan selama sebulan penuh Idul Fitri membawa setiap insan Muslim kembali fitrah.

Namun sesungguhnya nikmat hari kemenangan itu tak hanya milik oleh umat Muslim. Rahmat yang terpercik juga turut menyinggahi warga Nonmuslim. Tak sedikit warga Nonmuslim yang ikut bergembira khususnya di lingkungan masyarakat yang heterogen dan berbhineka. Salah satunya seperti yang terlihat dalam tradisi masyarakat Kampung Sawah.

Pada peliputan ini, tim Kirana Media memperoleh kesempatan yang sangat berharga menjadi saksi hidup tradisi suasana Idul Fitri yang terjaga baik dalam warna toleransi dan keterikatan sosial yang hangat. Menghabiskan hari lebaran pertama bersama masyarakat Kampung Sawah, Kirana Media disuguhi sebuah pemandangan yang  sangat dirindukan akhir-akhir ini  oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang majemuk ini.

Tim KiranaMedia Bersama Nara Sumber
Tim KiranaMedia Bersama 3 Nara Sumber pertama, KH.Rahmadin Afif

Terkesan unik sekaligus membanggakan. Di tengah derasnya berita tentang gesekan-gesekan sosial yang membuat perbedaan semakin merenggangkan, warga kampung sawah justru seakan menampar kita dengan sebuah fakta lain. Menampar dengan kenyataan bahwa apa yang kita bayangkan bersama tentang keakraban, kekeluargaan, saling menghormati antar pemeluk agama itu masih ada dan terjaga erat.

Seperti yang dikatakan Melania, salah satu anggota Kirana Media, “Saya sampai merinding loh melihatnya. Saya gak nyangka  di sekitar Jakarta, masih ada sebuah keindahan hubungan sosial yang demikian,” takjubnya.

Miniatur  Indonesia

Kampung Sawah merupakan salah satu komunitas di Kelurahan Jatimurni Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Komposisi penduduknya cukup heterogen dari  sisi agama begitupun suku bangsa nusantara. Terdapat tiga agama besar  yang dianut warga setempat.

Semua hal itu justru tak pernah menjadi simpul meninggikan tembok perbedaan. Sebaliknya menjadi kebanggan mereka bahwa keanekaragaman tersebut menjadi berkah bagi hidup mereka.  Hampir semua pihak mengungkapkan rasa persaudaraan untuk saudara sekampung mereka yang berbeda agama. Ada kebanggaan yang terbersit dari setiap kalangan penganut agama, setiap kali ditanyakan tentang itu.

Kampung ini memang sudah menjadi buah bibir sebagai simbol persatuan dan kesatuan, yang banyak diistilahkan sebagai miniatur Indonesia. Saat Tim Kirana Media coba membuktikannya, hasil pengamatan memang tak jauh panggang dari api. Segala kredit positif yang beredar tentang kampung ini bukanlah hanya isapan jempol belaka.

Hilary Edi MC,Pendiri kiranamedia.com bersama Pak EDi Aman, Tokoh Masyarakat Kampung Sawah
Hilary Edi MC,Pendiri kiranamedia.com bersama Pak Edi Aman, Narasumber kedua, Tokoh Masyarakat Kampung Sawah

Secara simbolik hal itu bisa dilihat dari letak rumah-rumah ibadah yang saling berdekatan. Menyusuri Jalan Raya Kampung Sawah, berdiri megah Masjid Agung Al Jauhar yang persis bersebelahan dengan Gereja Kristen Pasundan, dan tak seberapa langkah kita bisa menemukan Gereja Katholik Santo Servatius. Semangat persatuan Indonesia tersebut pun semakin nyata terefleksikan melalui kedekatan dan interaksi warganya.

Terlihat kehangatan dan ketulusan dari setiap komponen masyarakat. Seperti pada hari raya kemarin (26/06/2017). Saat umat Muslim menjalankan Sholat Idul Fitri dengan hikmad, warga Nonmuslim yang lelaki berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan ibadah saudara muslimnya.  Hal yang sama pun berlaku saat sebaliknya, saat umat nonmuslim merayakan hari besarnya, para pemuda muslim memberi sumbangsih yang sama.

Setelah acara sholat selesai, aktivitas kebersamaan semakin membuat hati Kirana Media berbinar dalam liputan. Kirana Media coba meminta ijin untuk menyaksikan lebih dekat acara silaturahmi dan kekeluargaan yang memang mengundang penasaran tersebut. Bekerjasama dengan tokoh-tokoh umat Katholik warga Kampung Sawah dan warga Nonmuslim lain, Kirana menyusuri jalan-jalan Kampung Sawah bercengkerama dengan mereka yang sepertinya juga sangat antusias untuk bersilaturahmi ke warga Muslim sekaligus menunjukkan keistimewaan kampung mereka.

Bapak Martin dan Ibu Umi Bersama Tim KiranaMedia
Bapak Martin dan Ibu Umi , narasumber ketiga Bersama Tim KiranaMedia

Tak hanya meliput acara memberi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri oleh warga Nonmuslim untuk muslim dengan mendatangi rumah mereka secara bersama-sama, namun juga memanen sejumlah pesan-pesan yang sangat menarik dari obrolan-obrolan dengan beberapa tokoh masyarakat setempat di telusur seharian penuh tersebut. Di antaranya, ada obrolan bersama KH Rachmadin Afif dan tokoh agama, pemuda, masyrakat baik lain, baik dari kalangan Muslim dan Nonmuslim, yang kebetulan sangat berbaik hati membimbing kami menelusuri Kampung Sawah, seperti  Bapak Edi Aman, K.H Rahmadin Afif, Haji Muhclis, H. Zainal Arif, Ibu Umi dan Bapak Martin.

Untuk itu Kirana Media sedang mempersiapkan sajian menarik untuk beberapa hari ke depan, yang  diharapkan bisa menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia nantinya. Agar turut serta bersumbangsih, mengikuti nilai positif yang selalu dijaga dan dilestarikan oleh seluruh warga Kampung Sawah.

Dengan harapan di kampung-kampung lain, antar penganut agama yang berbeda, antar suku bangsa yang berbeda, berlomba-lomba menunjukkan bahwa menjaga keharmonisan kehidupan beragama bersukubangsa yang berbeda-beda namun satu jua ini, bisa kita mulai dari lingkup yang paling kecil. Yakni dengan memulai berinteraksi dan saling menghargai dalam ikatan persaudaraan di lingkungan tempat tinggal kita dengan dua arah yang seimbang.

Masyarakat melakukan kunjungan ke-rumah rumah
Masyarakat dari lintas agama melakukan kunjungan ke-rumah rumah untuk memberiucapan selamat Idul Fitri

Di hari yang fitri ini, dengan rasa syukur akan pengalaman hidup yang Kirana Media dapatkan di Kampung Sawah, Kirana Media mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H kepada seluruh umat Muslim yang ada di Indonesia dan dunia. Semoga hari suci ini bisa menjadi momentum bagi tiap insane pertiwi untuk membangun kehidupan sosial yang lebih harmonis, terlebih bagi kehidupan beragama di Indonesia.

Nantikan Sajian menarik yang akan kami sampaikan kehadapan anda!

Damailah Indonesia

[widgets_on_pages id=”1″]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*