Main Menu

Piala Dunia 2018

Jerman Lengkapi Catatan Buruk Juara Bertahan Piala Dunia

Juara Bertahan Piala Dunia

Trend buruk Juara Bertahan Piala Dunia pada Piala Dunia berikutnya di beberapa perhelatan terakhir terulang dengan tumbangnya Timnas Jerman di fase grup Piala Dunia  Russia 2018.

Kecuali Brazil yang menjuarai Piala Dunia 1994 dan 2002 dan selalu tampil bagus di Piala Dunia berikutnya, Semua Juara bertahan tampil buruk dan tak bisa keluar dari zona grup di Piala Dunia Berikutnya di 5 edisi terakhir.

Statistik Juara Bertahan Piala Dunia 2014 di Rusia

Juara Bertahan Piala Dunia 2014, Jerman, tumbang di laga pertama mereka di Grup F, di Moskow hari Minggu (17/06), kalah dari Meksiko, 0-1 berkat gol Hirving Luzano.

Bagi Jerman, ini adalah kekalahan pertama di laga pembuka Piala Dunia sejak 1982, sementara bagi Meksiko, tak bisa dipungkiri ini adalah salah satu kemenangan terpenting mereka.

Pada pertandingan kedua melawan Timnas Swedia, Timnas Jerman juga harus bersusah payah untuk merebut kemenangan pertamanya di menit-menit akhir dengan skor 2-1 setelah lebih dulu tertinggal.

Setelah Matchday kedua, Grup D yang dihuni Timnas Jerman, Mexico, Swedia dan Korea Selatan merupakan satu-satunya grup yang masih membuka peluang bagi semua tim untuk lolos ke fase berikutnya.

Sehingga pertandingan Matcday ketiga yang berlangsung bersamaan antara Mexico – Swedia dan Jerman – Korea Selatan menjadi sangat seru dan menentukan.

Hasil dari pertandingan ketiga ini pun menentukan tiket lolos ke fase knock-out diberikan pada Swedia dan Mexico yang sama-sama mengumpulkan poin 6. Pertandingan kedua tim berakhir 3-0 untuk kemenangan Swedia.

Sementara Timnas Jerman harus menerima kenyataan pahit tumbang pada wakil Asia Korea selatan dengan skor 2-0.

Korea Selatan sendiri bermain dengan penuh semangat mengincar peluang tipis jika bisa mengalahkan Jerman.

Baca Lagi!   Spasiba Russia, Kemenangan Diplomasi Lewat Piala Dunia

Namun meskipun berhasil mempermalukan juara bertahan tersebut, keberuntungan belum berpihak karena kemenangan Swedia atas Mexico.

Daftar Juara Bertahan Piala Dunia Yang Tumbang

Hasil akhir klasemen grup, Korea Selatan di peringkat ketiga dan Jerman menjadi juru kunci.

Juara Bertahan Piala Dunia
Juara Bertahan Piala Dunia 2014 Jerman harus mengakui keunggulan Korea Selatan (Foto: Daily Star)

Data memperlihatkan dalam lima turnamen terakhir, hanya ada satu juara bertahan yang lolos ke perempat final, yakni Brazil.
Dimulai oleh Prancis pada 2002, trend itu terus berlanjut, dan menjadi mitos’ Piala Dunia.

Juara di kandang sendiri pada 1998, di Piala Dunia 2002 Korea-Japan Timnas Prancis menjadi juru kunci grup karena menelan kekalahan.

Selanjutnya Juara tahun 2006, Italia mengalami nasib yang sama di perhelatan Piala Dunia Afrika Selatan tahun 2010.

Diikuti Spanyol yang merupakan juara Piala Dunia 2010 kembali melanjutkan kegagalan juara bertahan dengan tak lolos dari fase grup.

Kemudian catatan-catatan itu kembali ditorehkan oleh Timnas Jerman yang berada di posisi terbawah di babak penyisihan grup dan gagal ke babak 16 besar.

Jerman bersama Prancis dan Italia yang berada di posisi terbawah grup masing-masing pada Piala Dunia 2002 dan 2010, sementara Spanyol gagal lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 2014 sebagai urutan ketiga.

Hanya Brasil Juara Bertahan Piala Dunia yang mencatat prestasi lumayan bagus dengan lolos dari fase grup meski gugur di perempat final pada Piala Dunia 2006.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*