Main Menu

Ideologi Lain Tak Boleh Ada

Ideologi Pancasila dan Indonesia Adalah Negara Perjanjian

Ideologi Pancasila Negara Perjanjian

Ideologi Pancasila menjadi satu-satunya ideologi yang ada di Indonesia. Di mana Indonesia merupakan sebuah bentuk perjanjian untuk hidup rukun bersama.

Untuk bisa hidup bersama dalam perbedaan, menurut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin  hubungan antarumat beragama harus bersifat mu’ahadah atau saling berjanji untuk hidup berdampingan secara damai.

“Bagi perspektif Islam, negara ini bukanlah negara Islam (Darul Islam), negara kafir (Darul Kufri), atau negara perang (Darul Harbi), tapi negara perjanjian (Darul Ahdi),” katanya, seperti dikutip dari media tempo.

Seperti dikutip dari media tempo saat ia mendeklarasikan Majelis Dzikir Hubbul Wathon dalam acara Halaqah Nasional Alim Ulama di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, 13 Juli 2017.(1)

Ma’ruf Amin mengatakan umat Islam dan nonmuslim di Indonesia harus saling mencintai, menyayangi, dan tolong-menolong. “Kata Imam Ghazali, negara terbentuk karena adanya saling bergantung dan membutuhkan (Ta’awun dan Tanashur),” ucapnya.

Kehidupan masyarakat Indonesia, kata Ma’ruf, harus seperti sebuah bangunan yang satu sama lain saling menopang. “Dengan demikian terjadilah Indonesia yang kondusif dan utuh yang saling menyayangi,” ujarnya.

Ideologi Pancasila dan Ego Kelompok

Namun, keutuhan ini terganggu saat muncul kelompok yang tidak atau kurang memiliki komitmen kebangsaan. Kelompok ini ingin memisahkan diri (separatisme), memaksakan mengubah negara (radikalisme), dan intoleran.

Menurut Ma’ruf, dalam Islam mereka termasuk fanatisme dan ego kelompok. “Yang benar kelompoknya saja, yang masuk surga kelompoknya saja, sedangkan yang lain kafir. Makanya disebut kelompok takfiri,” kata dia.

Ia mengajak ulama dan pemerintah (umara) untuk mengambil inisiatif merekatkan kembali masyarakat saat persatuan dan kesatuan bangsa tengah diuji.

Sebab hal ini menjadi tanggung jawab bersama. Persatuan dapat dieratkan kembali lewat pranata kenegaraan, kemasyarakatan, dan keagamaan.

“Bagi ulama NKRI harga mati, Pancasila adalah final. Oleh karena itu harus dijaga,” ucapnya.

Lewat Majelis Dzikir Hubbul Wathon ini, Ma’ruf Amin berharap dapat menjadi tempat kolaborasi ulama dan umara untuk menjaga keutuhan bangsa. “Upayanya itu lewat dua hal, yaitu dialog kebangsaan dan zikir, doa dan istigosah,” kata Rais Aam PBNU ini.

Berketuhanan Tapi Bersifat Sekuler

Negara Indonesia tidak menjadikan konsep suatu agama apapun sebagai dasar konstitusi bernegara alias bersifat sekuler. Negara Indonesia adalah negara perjanjian.

Masih dalam acara yang sama yang dihadiri Presiden Joko Widodo itu, Jokowi mengatakan kerukunan dan persatuan yang terbangun di negara ini terjadi karena kemampuan muslim Indonesia mewujudkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin dalam kehidupan sehari-hari.

“Islam radikal bukan Islamnya Majelis Ulama Indonesia, bukan Islamnya bangsa Indonesia,”

Presiden Jokowi menuturkan Indonesia beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi negara. Pancasila menjadi panduan bersama sebagai negara yang penuh keanekaragaman suku, bangsa, budaya, dan agama.

Oleh karena itu, Jokowi minta Pancasila dan Islam tidak dibenturkan. “Pancasila dan Islam bukan untuk dipertantangkan. Pancasila adalah dasar negara dan Islam adalah akidah yang harus dipedomani,” ujarnya.

Presiden menjelaskan dalam sila Ketuhanan yang Maha Esa, Pancasila tegas mengakui dan menghormati nilai ketuhanan dan nilai keagamaan. Karenanya Pancasila dapat berdampingan baik dengan Islam atau agama lainnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk kembali memegang komitmen kebangsaan. “Jangan ada lagi agenda lain, agenda politik yang baik secara sembunyi dan terang-terangan untuk meruntuhkan NKRI yang berbhineka. Gak boleh lagi ada agenda yang mau mengganti sistem tata negara kita yang Pancasila,” katanya.(2)  

Berita Kirana

Sumber Gambar

Share Artikel ini!
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*