Main Menu

Bulutangkis Indonesia Masters 2018

Ganda Campuran Tempatkan 3 Semifinalis di Indonesia Masters 2018

Indonesia Masters 2018

Kemenangan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada perempatfinal atas duet China, Zhang Nan/Liu Xuanxuan, di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2018), memastikan Indonesia menempatkan paling tidak satu wakil pada final nomor ini dalam Indonesia Masters 2018.

Tiga Semifinalis di Indonesia Masters 2018

Tontowi/Liliyana sudah pasti akan menghadapi lawan sesama Indonesia karena perempatfinal Indonesia Masters 2018 lainnya mempertemukan dua pasangan Indonesia, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti atau Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami.

“Soal semifinal ketemu sesama pemain Indonesia, positifnya ya satu wakil bisa ke final,” kata Liliyana.

Liliyana mengaku sudah sama-sama saling mengetahui pola permainan calon lawannya. tapi masih tetap harus mempelajari lebih jika mereka pasangan baru.

“Kami maunya menang dan akan berusaha untuk menang. Misalnya ketemu Praveen/Melati, kami harus pelajari lagi permainan mereka, karena mereka adalah pasangan baru,” kata Liliyana.

Dalam pertandingan perempatfinal, Tontowi/Liliyana membungkam Zhang/Liu 21-18, 21-19.

Perolehan angka sempat berlangsung sengit pada gim pertama saat kedudukan 18-16. Pada gim kedua, Zhang/Liu kembali membuat pertandingan semakin menegangkan saat menyamakan kedudukan 19-19, tapi Tontowi/Liliyana akhirnya mengamankan dua poin krusial untuk meraih tiket semifinal.

“Seperti kita tahu, Zhang adalah pemain yang berpengalaman dan tidak mudah dimatikan. Tadi kami sempat terkejar juga, kami sendiri sudah menyangka akan mendapat perlawanan seperti ini, kami sudah mempelajari permainan mereka. Dengan ketenangan, kami bisa mengatasi lawan,” ujar Tontowi.

Mengenai terkejar poin pada gim kedua, pasangan ini mengaku hal itu terjadi akibat kesalahan sendiri.

“Di gim kedua, poin lawan didapat dengan mudah, itu murni kesalahan kami sendiri. Lalu waktu kedudukan 19-19, kami memang mengubah permainan, akhirnya kami bisa memperoleh kemenangan,” kata Liliyana.

Baca Lagi!   Disalip Di Lap Terakhir, Danilo Petrucci Harus Puas Jadi Runner-Up

Sementara itu tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro, gagal merebut tiket semifinal Indonesia Masters 2018 setelah dihentikan Son Wan Ho dari Korea Selatan dengan 14-21, 14-2

Ganda Putri Indonesia Masters 2018

Sementara hari sebelumnya, pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta untuk kedua kalinya menumbangkan Juara Dunia 2017 asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Indonesia Masters 2018
Della Destiara Haris (atas) dan Rizki Amelia Pradipta (bawah) berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan pasangan juara dunia asal Cina Chen Qingchen dan Jia Yifan dengan skor 21-15 dan 21-11. (Foto: ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Della/Rizki menumbangkan raksasa ganda putri China itu, dalam putaran dua Indonesia Masters 2018 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis, dengan 21-15, 21-11.

Ini kemenangan kedua bagi duet Indonesia, setelah Denmark Terbuka Super Series Premier 2017 yang saat itu mereka menang tiga set 21-23, 21-18, 21-10.

Della/Rizki mengaku sudah paham dengan pola main duet China itu sejak pertemuan pertama di Denmark.

“Kami sudah bersiap dengan menonton video pertandingan kami di Denmark. Kami menerapkan pola bermain tak mau kalah dan bermain lebih lama, apa pun yang terjadi di lapangan pokoknya kami mau menang,” ujar Della.

Mereka mengaku tidak memiliki strategi khusus lainnya karena hanya fokus mengumpulkan poin.

“Kami juga hanya mencoba fokus satu demi satu poin, tidak mau memikirkan menang atau kalah,” kata Rizki.

Mengingat lawan juara dunia dan peringkat satu dunia, Della/Rizki tak menyangka bisa memenangkan pertandingan dengan poin cukup jauh.

“Mereka sepertinya tidak bisa keluar dari tekanan. Awal pertama servis itu memang kami harus `pegang? dulu, tidak boleh lepas. Kalau sudah reli, kuat-kuatan saja dan konsisten,” ujar Della.

Chen/Jia sendiri mengakui tak tampil dalam performa terbaik mereka sehingga harus menyerah kepada� Rizki/Della untuk kedua kalinya.

“Kami tak bisa mengeluarkan permainan kami, tidak tampil seratus persen, dengan kondisi lapangan yang seperti ini. Lawan memang bagus, semoga kami bisa menang di pertemuan selanjutnya,” tutur Chen.

Baca Lagi!   Jelang Timnas Indonesia vs Islandia, Level Uji Coba Terbaik Sejauh Ini

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyusul Rizki/Della ke perempat final Indonesia Masters 2018 usai mengalahkan junior mereka, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dengan 21-11, 21-16.

Tetapi pasangan muda Indonesia Masters 2018 Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto dijegal oleh Lee So Hee/Shin Seung Chan, unggulan kelima dari Korea, dengan 12-21, 13-21 ©ANTARA.

[widgets_on_pages id=”1″]

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*