Main Menu

Malam Tahun Baru

Car Free Night, Jalur Puncak Akan Ditutup Pada Malam Tahun Baru

jalur Puncak

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menutup jalur Puncak, Jawa Barat saat malam perayaan Tahun Baru 2018.

Penutupan itu dilakukan untuk diadakannya Car Free Night atau malam bebas kendaraan.

Tito menjelaskan penutupan jalur Puncak itu dilaksanakan pada 31 Desember 2017 dan akan berlaku dari pukul 18.00 sampai 06.00 WIB. Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyebut bahwa Car free Night di Puncak ini merupakan pertama kalinya terjadi.

Lewati Jalur Puncak Lebih Awal

“Puncak saya minta penekanan khusus di Puncak ditutup Car Free Night tak ada kendaraan di tanggal 31 Desember malam tahun baru, dari jam 18.00 sore sampai 06.00 pagi,” kata Tito saat ditemui di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12/2017).

Penutupan jalur Puncak itu, kata Tito akan berlaku di kedua arah, baik Jakarta ke Puncak begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menuju Puncak ketika memasuki waktu Car Free Night.

“Untuk kendaraan naik atau turun. Yang naik saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum jam 18.00 di atas jam 24.00 WIB tak usah naik lagi keatas (Puncak). Sebaliknya dari Cianjur juga akan ditutup,” ujar Tito.

Mantan Kapolda Papua itu menuturkan bahwa Car Free Night di Puncak nantinya masyarakat dilarang untuk menggunakan kendaraan. Warga nantinya akan diminta untuk menghabiskan malam Tahun Baru di Puncak dengan berjalan kaki.

“Car Free Night pertama kali hanya kendaraan yang sdh disiapkan yang lainnya jalan kaki,” ucap Tito.

jalur Puncak
Jalur Puncak (Foto: Tempo)

Tito Karnavian mengimbau kepada warga yang ingin berlibur dan menikmati pergantian tahun di wilayah Puncak, Bogor, sebaiknya datang lebih awal.

Tito mengatakan, jika ada warga yang datang pada sore hari untuk tidak memaksakan berangkat melalui jalur Puncak. Hal itu akan menyebabkan kemacetan karena pemberlakukan penutupan.

“Nanti bisa macet di Ciawi yang dari arah Jakarta sama sebaliknya yang dari arah Cianjur juga bisa macet kalau memaksakan. Jika sekiranya sudah sore jangan memaksakan ke daerah Puncak,” pungkasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau dalam perayaan pergantian tahun 2017 nanti, masyarakat untuk tidak menggunakan petasan apalagi bom.

“Petasan jangan, sama dengan bom. Kembang api boleh,” kata Tito.

Kata dia, pihaknya bakal melakukan operasi bersama, untuk mengantisipasi adanya penggunaan petasan dan juga penjualan petasan.

Jika ada menggunakan petasan dalam perayaan tahun baru ini, Tito dengan tegas akan melakukan penindakan hukum terhadap pengguna juga penjual serta distributornya dan pembuat petasan.

Jalur Puncak – Cianjur Dialihkan

Sebelumnya Polres Cianjur, Jawa Barat juga mengumumkan akan menutup Jalur Puncak – Bogor dari arah Cianjur, pada malam pergantian tahun sejak pukul 18.00 WIB hingga Senin (1/1/2018) pukul 05.00 WIB.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Rendy mengatakan, arus kendaraan dari arah Bandung-Cianjur, dengan tujuan Bogor, akan dialihkan ke sejumlah jalur alternatif seperti Jongol dan Sukabumi, untuk menghindari antrian panjang di jalur tersebut.

“Tidak hanya ruas jalur ke Puncak-Bogor, yang akan kami alihkan, tapi beberapa ruas jalan di dalam kota Cianjur pun akan kami alihkan, untuk mengatasi penumpukan kendaran di dalam kota menjelang malam pergantian tahun,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Bahkan menjelang malam pergantian tahun itu, pihaknya juga akan melakukan penutupan arus kendaraan yang menuju Puncak-Bogor mulai dari Pertigaan Hanjawar yang akan dilaksanakan Minggu (31/12) mulai pukul 21.00 WIB hingga arus dari arah Cianjur diarahkan menuju Jalan Hanjawar.

“Penutupan arus juga, akan dilakukan di Jalan Baru Ciloto Pos Jabar IX, sehingga arus akan diputarkan kembali ke Jalan Hanjawar atau Cipanas yang akan dimulai pukul 19.00 WIB pada hari yang sama,” katanya.

Namun untuk warga yang tinggal di wilayah Cipanas, Cimacan dan Puncak, akan diberikan toleransi untuk dapat masuk ke ruas jalan tersebut. Penutupan dan pengalihan arus dikhususkan untuk mobil pribadi, bus umum dan kendaraan umum.

Menurutnya, arus kendaraan dari arah Cianjur atau Bandung akan dialihkan sebagian ke Cikalongkulon, tembus Jonggol, Bogor dan seterusnya. Sedangkan sebagian lainnya akan dialihkan ke Sukabumi, Bogor dan seterusnya.

“Pengalihan arus dilakukan mulai dari Pos Traffic Managemen Center (TMC) Jalan Abdullah bin Nuh, Cianjur. Saat pengalihan, personel Satlantas Polres Cianjur, ditempatkan untuk mengarahkan kendaraan dengan tujuan Bogor dan Jakarta, untuk menggunakan jalur Sukabumi atau Cikalongkulon,” pungkasnya mengarahkan pengalihan jalur Puncak – Cianjur ¬©Okezone.

[widgets_on_pages id=”1″]

Baca Artikel Lain Penulis Dengan Klik Nama Profil Penulis Di Bawah Ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*