Main Menu

Sambut Asian Games

Anies Minta Bendera Asian Games Bertiang Bambu Dipasang Lagi

Bendera Asian Games

Bendera Asian Games di Jakarta menjadi sorotan netizen. Diketahui jejeran bendera peserta Asian Games dipasang menggunakan bambu dan tali rafiah di jalan besar ibu kota.

Tak pelak hal itu menjadi ramai di media sosial. Foto yang memperlihatkan bendera-bendera peserta Asian Games yang dipasang di tengah jalan.

Keberadaan bendera ini dikritik karena tiangnya menggunakan bambu yang dibelah.

Bendera-bendera tersebut terpasang berjejer di pembatas jalan di depan Emporium Pluit Mall, Jalan Pluit Selatan Raya, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Namun setelah dicopot karena mendapat kritikan, justru Anies Baswedan menyuruh di pasang lagi dengan alasan kerakyatan.

Bendera Asian Games Bukan Milik Pemprov

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bendera negara yang diikat bambu di Penjaringan bukan milik Pemprov DKI. Sandiaga berjanji akan merapikannya.

“Kalau lapisan masyarakat, tentunya dirapikan. Itu kan bukan inisiatif program Pemprov,” kata Sandiaga di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Sandiaga mengatakan bendera tersebut dipasang warga setelah melakukan konvoi untuk meramaikan Asian Games. Dia mengapresiasi tindakan warga dalam meramaikan Asian Games.

“Ini kan partisipasi masyarakat, bukan (Pemprov) kan. Kita mau partisipasi kolaboratif. Kita diberi tahu anak-anak muda konvoi motor bawa bendera, setelah selesai, dipasang di situ. Untuk meriahin aja,” ujar Sandiaga.

Sandiaga ingin seluruh lapisan masyarakat ikut memeriahkan Asian Games. Menurutnya, langkah memasang bendera merupakan cara warga ikut bergembira.

“Kan kita ingin Asian Games buat semua lapisan masyarakat. Mereka ingin yang di bawah masak nggak boleh berselebrasi. Asian Games merupakan buat experience mereka,” tuturnya.

Anies Minta Bendera Asian Games Bambu Dipasang Lagi

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyayangkan bendera negara Asian Games yang diikat bambu dicopot PPSU.

Baca Lagi!   Asian Games ke-18, Indonesia Sukses Penyelenggara, Sukses Prestasi
Bendera Asian Games
Bendera Asian Games Bertiang Bambu dan Diikat Tali Rafiah (Foto: Kumparan)

Anies menginstruksikan agar bendera-bendera yang diikat bambu dipasang kembali.

Anies mengaku baru mengetahui pemberitaan terkait bendera negara Asian Games diikat bambu dikritik netizen itu. Mantan Mendikbud itu menilai seharusnya bendera yang diikat di bambu itu tak dianggap remeh.

“Jangan sekali-kali anggap rendah tiang bendera dari bambu. Itulah tiang yang ada di rumah-rumah rakyat kebanyakan. Penjualnya rakyat kecil. Perajinnya pengusaha kecil. Penanamnya ada di desa-desa. Biarkan hasil panen rakyat kecil, hasil dagangan rakyat kecil ikut mewarnai Ibu Kota. Jangan hanya gunakan tiang besar buatan pabrik yang ukuran kekayaannya sudah raksasa” sambung Anies.

Sebelumnya, bendera-bendera peserta Asian Games yang dipasang menggunakan belahan bambu telah dicabut. Pencabutan bendera itu dilakukan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Jakarta Utara.

Ada 29 bendera negara peserta Asian Games yang dipasang. Tiap bendera diikatkan pada pagar pembatas jalan menggunakan tali rafia. Begitu juga kain bendera, yang diikat ke tiang berbahan bambu.

Bendera-bendera yang semula berjejer di pembatas jalan di depan Emporium Pluit Mall, Jalan Pluit Selatan Raya, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, itu dicabut sekitar pukul 18.40 WIB. Belahan bambu yang digunakan sebagai tiang bendera  Asian Games juga diangkut ©detiknews.



One Comment to Anies Minta Bendera Asian Games Bertiang Bambu Dipasang Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*